7 KEUNTUNGAN MEMBELI RUMAH DI PERUMAHAN PROPERTI SYARIAH

Keuntungan membeli rumah di perumahan properti syariah sangat banyak, yang paling utama adalah kita terhindar dari dosa RIBA.

Memiliki rumah bukanlah suatu kewajiban, kita jangan memaksakan diri jika memang dirasa belum dikaruniai kemampuan. Memberikan nafkah tempat tinggal kepada keluarga tidak harus dengan membeli rumah sendiri, bisa dengan mengontrak atau tinggal di rumah orang tua, disesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki.

Namun jika dirasa mampu untuk membeli rumah dengan cara mengangsur karena dikhawatirkan pada saat kita meninggal dunia anak dan istri kita masih tinggal mengontrak, maka saat ini ada solusi yang disediakan oleh beberapa developer properti syariah yaitu dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) tanpa riba, ghoror-jahalah, dan tanpa kedzhaliman.

Berikut kami rangkum 7 keuntungan membeli rumah di perumahan properti syariah yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan dalam memilih hunian untuk keluarga:

  1. Terhindar dari dosa RIBA.
  2. Mendapatkan lingkungan dan tetangga yang seakidah sehingga mendatangkan rasa nyaman dan aman bagi diri sendiri dan keluarga.
  3. Menggunakan akad istishna (pesan bangun) bagi rumah inden sehingga melindungi kita dari kecurangan dan kelalaian developer. Akad istishna memiliki kekuatan hukum secara negara di Pengadilan Agama.
  4. Tidak ada sita secara paksa dan sepihak. Ada 3 solusi apabila terjadi kredit macet salah satunya dengan menjualkan objek akad secara bersama-sama dengan cara yang baik dan benar.
  5. Setelah melakukan akad istishna (pesan bangun) di awal maka status kepemilikan rumah dan tanah langsung menjadi hak konsumen.
  6. Terdapat hak khiyar (hak pilih) apakah kita mau melanjutkan transaksi atau membatalkan transaksi apabila terdapat cacat atau kekurangan pada hasil pembangunan oleh developer.
  7. Margin profit (keuntungan) yang diambil developer pada harga kredit atau angsuran biasanya jauh dibawah suku bunga lembaga pendanaan ribawi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0